Advertisement here

Mengenal Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang

Mengenal Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Yang Membantumu Mencapai Kebebasan Finansial
Mengenal Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Yang Membantumu Mencapai Kebebasan Finansial

Update Informasi - Pola hidup minimalis adalah satu langkah atau sistem yang ditempuh seorang untuk singkirkan atau kurangi hal yang tidak dibutuhkan atau condong terlalu berlebih tanpa kurangi kualitas hidup kita. Pola hidup ini menggerakkan kita untuk mejalani hidup simpel dan mengoptimalkan dan menjaga apa yang kita punyai sekarang ini.

Pola hidup minimalis mulai dikenali melalui buku yang dicatat oleh penulis dari jepang Fumio Sasaki dengan judul "Goodbye, Things - Hidup Minimalis ala-ala Orang Jepang". Buku ini dicatat berdasar pengalaman individu si penulis dengan pola hidup minimalis yang dilaluinya. Di buku inilah memberikan tiap pojok ruangnya seperti tempat tidur, ruangan tamu, meja kerja, perlengkapan yang dia punyai sampai kamar mandi sebagai contoh pola hidup minimalis yang dia lalui dan tentu saja dia share beberapa tips untuk kurangi perlengkapan yang tidak dibutuhkan tanpa membuat ruang itu berasa kosong dan menjemukan.

Salah satunya figur sukses di Indonesia yang telah mengaplikasikan pola hidup minilimalis adalah Raditya Dika. Raditya Dika sendiri telah mengaplikasikan pola hidup minimalis dengan lakukan banyak hal, seperti jual koleksi jam tanggannya, memakai outfit yang sederhana dan melakukan renovasi ulangi tempat tinggalnya dengan ikuti ide rumah minimalis di mana sedikit terdapat sekali perlengkapan.

Mengenal Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Yang Membantumu Mencapai Kebebasan Finansial


I. Manfaat dan Keuntungan Menjalani Gaya Hidup Minimalis!

Menjalini gaya hidup minimalis bukanlah hal yang instan dan mudah dilakukan karena dengan gaya hidup minimalis anda hanya hidup dan memiliki barang-barang yang dibutuhkan saja. Contohnya Raditya Dika yang merupakan seorang penulis, komika dan sutradara yang dulu nya memiliki koleksi jam-jam mahal seperti Rolex, Montblanc, Gucci hingga Citizen rela menjual seluruh jamnya dan hanya memilki satu jam saja yang ia gunakan gunakan sehari-hari demi menerapkan gaya hidup minimalis. 

Jika anda siap dengan gaya hidup minimal maka anda siap untuk menerima manfaat dan keuntungan dari gaya hidup minimas, diantarannya :

1. Gaji Kamu Akan Semakin Awet Karena Pengeluaran Berkurang

Menjalani gaya hidup minimalis berarti anda harus mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan dan tentunya jika anda sudah memiliki satu barang anda tidak perlu lagi membeli barang yang sama dengan kegunaan yang sama. Dengan perabotan yang sedikit tentunya akan mengurangi biaya perawatan itu sendiri.

2. Waktu Luang Bertambah

Dengan barang, alat atau perabotan yang sedikit tentunya akan mengurangi waktu anda untuk merapikan, membersihkan atau merawat barang-barang tersebut sehingga anda mempunyai waktu luang yang banyak untuk kegiatan lainnya yang lebih produktif atau menambah waktu istirahat.

3. Mengurangi Rasa Memiliki Atau Ketergantungan Terhadap Barang

Dengan sedikitnya barang yang anda miliki tentunya akan mengurangi rasa memiliki atau jiwa materialisme ataupun konsumerisme. Anda hanya akan berinteraksi dengan barang-barang yang akan anda gunakan saja. Contoh nya jika anda memiliki koleksi sepatu mahal yang banyak maka anda akan terlalu sibuk untuk memikirkan sepatu-sepatu tersebut dan akan ada rasa kecewa jika salah satu sepatu anda kotor, lecet ataupun rusak.

4. Pikiran Lebih Tenang Dan Nyaman

Dengan konsep hidup minimalis anda akan merasa cukup dengan apa yang anda miliki saat ini. Anda tidak perlu khawatir dengan tuntutan gaya hidup saat ini yang serba wah dan selalu update dan terobsesi dengan gaya hidup tersebut harus memilki barang ini, barang itu dan sebagainya.

5. Belajar Bersyukur Dengan Apa Yang Dimiliki Saat ini

Anda akan bersyukur dengan apa yang anda miliki saat ini, tidak merasa kekurangan ataupun berlebihan dan menjalani hidup lebih sederhana dan teratur serta lebih bahagia.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup Bukan Kuantitas

Gaya hidup sederhana akan menuntut anda mengurangi hal yang tidak perlu dibeli dan hal yang tidak perlu dilakukan sehingga anda bisa berfokus untuk mengalihkan ke hal atau kegiatan yang lebih produktif bukan konsumtif

7. Lebih Fokus Dalam Mencapai Tujuan Hidup

Gaya hidup sederhana membuat ada fokus dalam mencapat tujuan hidup anda dan tidak mengurusi hal-hal yang cenderung sepele. Gaya hidup minimalis biasanya akan mulai fokus ke karir, berinvestasi, mencari pengalaman dan menghibur diri dengan travelling ke tempat-tempat baru.

Dengan gaya hidup minimalis anda akan mudah menentukan pola hidup anda kedepan karena dengan gaya hidup minimalis anda mulai meninggalkan hal-hal bersifat materialistis atau cenderung hedon. Dengan gaya hidup ini anda akan banyak menjalani kegiatan yang berkualitas dan lebih menghargai hidup dan orang-orang disekitar anda.


II. Tips Memulai Gaya Hitup Minimalis Ala Budak Duit 

Jika kamu sudah tau apa itu gaya hidup minimal dan manfaat yang akan kamu dapatkan dari gaya hidup tersebut, saat nya kamu memulainya dengan tips-tips sederhana berikut ini :

1. Tuliskan Alasan Kenapa Kamu Memulai Gaya Hidup Minimalis

Pikirkan kenapa anda tertarik untuk memulai gaya hidup minimalis karena dengan alasan-alasan tersebut akan membuat anda semakin yakin dengan keputusan anda. Anda bisa memulai dengan membuat list atau daftar keresahan anda dengan gaya hidup yang dulu dijalani, seperti setiap gajian uang anda habis untuk membayar cicilan, kamar anda terlalu penuh dengan barang-barang yang tidak dipakai, Setiap weekend anda terlalu sibuk membersihan dan merawat barang-barang yang anda miliki sehingga tidak mempunyai waktu untuk bersantai dan sebagainya.

2. Tentukan Tujuan 

Tujuan akan membuatmu fokus dengan apa yang ingin anda raih dengan gaya hidup minimalis. Anda bisa menetapkan tujuan jangan pendek maupun jangka panjang, seperti dalam jangka pendek anda ingin mulai mengalihkan uang anda dari hal-hal konsumtif ke arah investasi dan dalam jangka panjang anda ingin mencapai kebebasan finansial.

3. Mulai Menyortir Benda-Benda Serupa

Mulailah menyingkirkan benda-benda yang memiliki fungsi yang sama. Mulai lah dari salah satu ruangan terlebih dahulu contohnya kamar anda. Masukkan ke dalam box barang-barang duplikat tersebut dan anda bisa menaruhnya di suatu tempat. Tunggu selama seminggu dan jika memang anda tidak menggunakan barang yang sudah anda sisihkan tersebut anda bisa menjualnya atau mendonasikannya ke orang yang lebih membutuhkan.

4. Ciptakan Satu Ruangan Minimalis Dan Anti Berantakan

Anda bisa mencipatan satu ruangan yang tertata rapi dengan gaya minimalis. Jadikan ruangan tersebut untuk bersantai, mencari ide ataupun melakukan hal produktif. Anda bisa sedikit menghiasi ruangan tersebut dengan beberapa funiture yang simple dan terlihat bersih.

5. Mulai Membiasakan Diri

Gaya hidup minimalis membuat anda mengurangi benda-benda yang tidak diperlukan. Ruangan-ruangan akan terasa lebih lega dan lapang sehingga anda tidak perlu kesusahan atau repot untuk membersihkannya. Anda akan mulai mempunyai banyak waktu dan mungkin mulai mencari aktifitas lainnya yang membuat anda lebih produktif seperti bisa memulai menulis blog, menjadi konten kreator ataupun mulai mendalami hobi yang nantinya mungkin akan menghasilkan uang.

6. Membeli Barang Yang Dibutuhkan Saja

Menjalani gaya hidup minimalis berarti mengurangi barang-barang yang anda miliki. Anda harus lebih selektif terhadap apa yang anda beli mulai dari peraboran, pakaian, makanan hingga kebutuhan sehari-hari.  Kendalikan diri anda untuk tidak tergiur dengan diskon-diskon atau promo yang ditawarkan oleh marketplace atau online shop.

7. Sederhana Dalam Penampilan

Jika anda memperhatikan gaya berpakaian dari Raditya Dika dalam seluruh konten youtube yang ia buat, dia hanya mengenakan pakaian dengan setelah kaos polos, celana pendek polos dan sebuah topi. Anda bisa mulai menerapkannya dengan memiliki beberapa kemeja untuk satu minggu saja dan beberapa stelan baju untuk dirumah dan mungkin beberapa setelan baju untuk acara-acara tertentu yang pastinya baju tersebut memang anda gunakan dan tidak mengganggur begitu saja setelah satu kali pakai seperti kaum hawa kebanyakan (Peace...).

8. Alihkan Pendapatan Untuk Investasi, Tabungan dan Traveling

Dengan gaya hidup minimalis tentunnya akan mengurangi uang yang anda keluarkan. Anda bisa mengalihkannya untuk investasi dan mengalihkan sebagiannya untuk ditabung jika sewaktu-waktu dibutuhkan dan tentunya tidak lupa menyisihkan sediki demi sedikit untuk liburan dan mencari pengalaman baru.

III. Kesimpulan

Kesimpulannya ialah sekarang tergantung dengan diri anda sendiri, apakah masih menjalani gaya hidup seperti biasa dengan kerumitan-kerumitan yang luar biasa, gengsi untuk memiliki barang baru, terbeban dengan gaya hidup milenial atau beralih ke gaya hidup minimalis ala orang jepang yang mempunyai banyak manfaat dalam meningkatkan kualitas hidup anda. Tentunya semua pilihan itu ada ditangan anda saat ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here