Advertisement here

10 Tips Finansial Terbaru Menyambut Tahun 2022

10 Tips Finansial Terbaru Menyambut Tahun 2021

Update Informasi - Ada orang yang berasumsi membuat resolusi keuangan dapat dilaksanakan kapan pun selama setahun tapi cukup banyak orang berasa lebih cocok membuat resolusi keuangan pada awal tahun. Lepas dari kapan Anda mengawali, dasar-dasarnya masih sama. Adapun 10 panduan keuangan yang bisa dilakukan untuk menyongsong tahun yang baru ialah seperti berikut ini :


10 Tips Finansial Keuangan Terbaru Menyambut Tahun Baru 2021


Tips 1. Penghasilan Harus Lebih Banyak Daripada Pengeluaran

Prinsip ini mungkin adalah prinsip dasar finansial, tetapi banyak orang masih bergumul dengan poin pertama ini. Mungkin yang anda lakukan saat ini ialah berusaha mengurangi pengeluaran dan sangat berhemat, tetapi tidak banyak yang berfikir untuk menambah pengahasil. 

Anda bisa mulai dengan melakukan review di pekerjaan anda saat ini apakah yang anda dapatkan sesuai dengan skill anda, beban kerja, loyalitas anda, sumbangsih anda terhadap perusahaan dan jika dirasa kurang anda bisa coba melakukan negoisasi terhadap HRD anda ataupun mencari pekerjaan baru dengan penghasilan yang layak sesuai dengan skill yang anda miliki.


Tips 2. Tetap pada Anggaran

Membuat anggaran merupakan langkah penting untuk maju secara finansial. Anda perlu membuat perencanaan kemana uang tersebut anda gunakan dan berapa uang yang anda sisihkan untuk tabungan, investasi ataupun dana darurat. Selain anggaran pengeluaran anda juga perlu menetapkan anggaran pemasukan untuk mengukur target penghasilan anda dalam setahun


Tips 3. Lunasi Hutang Kartu Kredit

Hutang kartu kredit adalah rintangan nomor satu untuk maju secara finansial. Potongan-potongan kecil plastik itu sangat nyaman digunakan dan sangat mudah untuk melupakan bahwa ini adalah uang sungguhan yang kita keluarkan untuk saat kita menggunakannya. Terlepas seberapa mampu anda untuk melunasi saldo dengan cepat atau lambat, kenyataannya adalah setelah melunasinya beberapa anda tentunya akan berhutang lagi dan akan berlanjut seperti itu sampai hutang anda menjadi semakin banyak.


Tips 4. Memiliki Tabungan Pensiun

Pertimbangkan selama berkerja anda menyisihkan sebagian uang anda untuk tabungan pensiun. Tentunya anda tidak ingin menyusahkan orang lain secara finansial saat anda tua nanti. Anda bisa mengikuti tabungan pensiun yang diselenggarakan perusahaan anda ataupun lembaga keuangan yang sudah di validasi oleh OJK

Tips 5. Miliki Savings Plan

Putuskan untuk menyisihkan minimal 5% dari gaji Anda untuk tabungan sebelum Anda mulai membayar tagihan Anda. Lebih baik lagi lagi anda bisa mencoba mengikuti tabungan bulanan yang secara otomatis memotong gaji Anda langsung dan disimpan ke rekening terpisah.


Tips 6. Berinvestasi

Jika Anda berkontribusi pada rencana pensiun dan rekening tabungan dan Anda masih bisa memasukkan sejumlah uang untuk investasi seperti reksadana ataupun deposito.


7. Maksimalkan Fasilitas Yang Ditawarkan Perusahaan

Manfaatkan fasilitas yang anda dapatkan dari perusahaan seperti BPJS ketenagakerjaan , BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan, ataupun pajak penghasilan yang dibayarkan perusahaan. Manfaatkan hal-hal yang anda dapatkan untuk mengurangi pajak atau pengeluaran sendiri.


8. Review Asuransi 

Penting bagi Anda untuk memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi diri anda jika meninggal atau cacat. Anda perlu meninjau kembali benefit dan fasilitas yang anda dapatkan jika anda bergabung ke asuransi tertentu. Jangan sampai anda dengan taat membayar polis asuransi yang menjadi kewajiban anda tetapi tidak mendapatkan hak atau benefit dari asuransi tersebut. 


9. Perbarui Keinginan Anda

Hanya sedikit orang yang memikirkan atau memiliki surat wasiat. Ini bukan tentang banyaknya atau sedikitnya harta yang anda miliki tapi rasa peduli anda untuk melindungi orang yang anda cintai jika suatu saat terjadi hal yang tidak anda inginkan. 


10. Simpan Catatan Keuangan dan Asset Anda Dengan Baik

Jika Anda tidak berhati-hati dalam menyimpan catatan keuangan dan assest Anda , nantinya Anda akan kesulitan dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pajak. Simpan seluruh berkas-berkas catatan anda dengan baik dan terorganisir agar anda lebih mudah mencarinya jika suatu saat dibutuhkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here