Advertisement here

PHP Dasar: Hello World

 


Dalam seri tutorial Belajar PHP Dasar kali ini, kita akan mempelajari bahasa pemrograman PHP dari bagiannya yang paling dasar. Mulai dari file PHP, variabel, tipe data, logika, fungsi dan hal-hal lainnya.
Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas mulai dari persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai pemorgaman PHP, kita juga akan membahas tentang apa itu file PHP dan cara menjalankannya.

Persiapan

  • Beberapa persiapan sebelum anda memulai tutorial PHP dasar ini:
  • 1. Anda sudah paham garis besar apa itu web server dan bagaimana kerjanya
  • 2. Anda sudah paham garis besar tentang cara kerja protokol HTTP/HTTPS
  • 3 Anda sudah menyiapkan perangkat anda untuk menjalankan PHP
  • 4. Tutorial ini menggunakan PHP 7.4, anda disarankan untuk senantiasa menggunakan versi paling baru PHP untuk mengikuti tutorial ini

Apa itu File PHP?

Kita masuk dari pembahasan yang pertama, yaitu tentang file PHP.
File PHP adalah file yang berekstensi .php, diawali dengan sintaks <?php dan diakhiri dengan sintaks ?>


Berikut Contohnya : 

<?php
echo"Hello dunia"; ?> // Hello dunia!

Jika file kita murni PHP saja, tidak bercampur dengan file yang lain. Kita boleh untuk tidak menutup file tersebut dengan ?> seperti contoh pada Kode di atas. Dan ini adalah cara yang disarankan.
Ada pun jika kode program kita bercampur dengan “konten” non-php. Maka kita perlu menggunakan sintaks penutup (?>) untuk memperjelas mana yang harus dieksekusi sebagai file php, dan mana yang bukan.
Perhatikan kode program pada Kode  di bawah di mana sintaks PHP bercampur dengan sintaks HTML.


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset="utf-8">
<title></title>
</head>
<body>
<?php

echo "Hayyyy";
?>
</body>
</html>


Kode program pada contoh Kode 2 di atas harus disimpan dengan ekstensi .php. Jika tidak, maka itu akan dianggap teks HTML biasa.


Menjalankan File PHP
Secara umum ada dua cara untuk menjalankan atau mengeksekusi file php. Anda bisa melakukannya dengan:

CLI

Untuk CLI, artinya anda mengeksekusi file php lewat terminal atau command line. Tidak dieksekusi dengan HTTP Request melalui Browser atau pun media lainnya. Hal ini sangat berguna untuk tugas-tugas yang dijalankan secara otomatis misal mengirim tagihan perpanjangan domain setiap tahun.
Anda bisa melakukannya dengan perintah php, diikuti dengan nama file setelahnya.


php test.php


Web Server

Menjalankan file php melalui Web Server artinya melalui HTTP Request. Contoh paling sederhana adalah seorang user membuka url localhost:8000/test.php. Lalu web server menangkap request tersebut dan mem-bypass ke interpreter php untuk mengeksekusinya. Untuk kemudian mengembalikan output kepada browser sebagai HTTP Response.
Untuk Web Server, anda bisa menggunakan Nginx atau pun Apache. Atau cara yang paling simpel adalah dengan menggunakan php built in server. Yaitu server kecil sederhana bawaan PHP untuk kebutuhan selama proses pengembangan aplikasi PHP.
Anda bisa menjalankan PHP Built in Server dengan perintah berikut:


php -S localhost:8000

Perintah di atas akan membangun web server sederhana yang me-listen port 8000 dengan hostname localhost. Jika di dalam direktori tersebut terdapat file test.php, anda bisa membukanya di browser dengan mengunjungi alamat http://localhost:8000/test.php.

Pembahasan Selanjutnya

Dalam tutorial ini kita telah mengetahui apa itu file PHP, bagaimana cara membuatnya dan bagaimana cara menjalankannya. Pada pertemuan selanjutnya, kita akan mempelajari tentang Variabel dan tipe data dalam PHP.
Ikuti terus setiap seri dari Tutorial PHP Dasar, jika anda mendapati pertanyaan atau masalah, silakan tulis di kolom komentar.

 
Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here