Advertisement here

Pengertian Variabel Pada PHP


Dalam tutorial kali ini kita akan membahas mengenai variabel tentunya ini adalah pondasi dasar yang sangat penting untuk teman teman kuasai sebelum akhirnya menjadi programer yang dapat membuat aplikasi aplikasi dengan baik dan bermanfaat

Pengertian Variabel 

variabel adalah tempat penyimpanan nilai sementara dan nilainya dapat berubah ubah? loh kok bisa berubah ubah memangnya tidak tetap? 

oke kaka coba jelasin ya :) untuk menyimpan nilai agar dapat tetap kita memerlukan DBMS, Hah apalagi tuh baru denger hehehe, mengenai DBMS nanti kita akan bahas di tutorial selanjutnya ya, kali ini kita fokus pada variabel di PHP saja dulu, sebenernya konsepnya sama ko, karena sifat variabel di php itu hanya tempat penyimpanan nilainya sementara maka ketika komputer kita matikan datanya juga akan hilang....

nah langsung aja kita praktekin 

Sintak 

<?php
$nama ="Dodi Noveli"?>

Perhatikan contoh diatas, Penulisan variabel pada PHP harus di awali dengan karakter $, kalau tidak nanti bisa jadi error kalau error jadi horor kan wkkww

sedangkan tanda ( = ) adalah operator penugasan yg fungsinya untuk mengisi variabel, kemudian dalam tanda petik " Dodi Noveli " itu adalah nilainya.

oh iya untuk mengingat agar teman2 mudah dalam memprogram nantinya, variabel itu kita ibaratkan sebuah gayung yang menampung air. 

Dalam tutorial ini kita telah mengetahui apa itu variabel, bagaimana cara membuatnya, Pada pertemuan selanjutnya, kita akan mempelajari tentang  tipe data dalam PHP.

Ikuti terus setiap seri dari Tutorial PHP Dasar, jika teman teman mendapati pertanyaan atau masalah, silakan tulis di kolom komentar.


Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here